Skip to main content
Agus

Agus Subekti Raih Doktor Manajemen Unmul

Setelah mempertahankan disertasinya selama hampir 3 jam pada sidang terbuka Doktor Ilmu Manajemen dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unmul (Universitas Mulawarman), Samarinda pada 9 September 2016, Ir. Agus Subekti M.Si berhak meraih gelar doktor pada ilmu tersebut.

Pada sidang tersebut sebagai promotor, Prof. Dr. Djoko Setyadi M Sc., Ko-Promotor-1 Prof. Dr. Sukisno S Riadi, SE., MM, Ko-Promotor-2 Prof. Dr. HM. Sutadji, Drs. MM. Sedang sebagai Penyanggah Prof. Dr. Hj. Eny Rochaida, SE MSi, Prof. Dr. Tulus  Haryono, M. Ek, Prof. Dr. Suharno, SE MM, Prof. Dr. Hj. Sri Mintarti, SE M.Si, Prof. Dr. Hj. Rusdiah Iskandar, Ak. CA, Prof. Dr. H. Soeyitno Soedirman, M. Agr.  Semua guru besar tersebut dari Unmul, kecuali Prof. Dr. Tulus Haryono, M. Ek dari Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta. Sedang sebagai penguji akademik dari luar adalah beberapa karyawan Pupuk Kaltim yaitu Drs. Meizar Effendi Akt. MM, Dr. Praharso, Ir. Hery Subagyo MSi, Ir. Sunaryo Broto MM dan alumni program S3 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unmul, Dr. Gordius Ago ST MM dan Dr Gusti Noorlitaria Achmad, SE., MM (dosen FEB Unmul).

Hadir juga rekan-rekan promovendus dari Pupuk Indonesia dan Pupuk Kaltim serta beberapa relasi lainnya. Nampak karangan bunga ucapan selamat dari ESQ Leadership Center, Dr. HC Ary Ginanjar Agustian, Ketua Bappeda Kota Samarinda Dr. H Sugeng Chairuddin,SE, MM. Direksi PT Pupuk Indonesia (persero) dll.

Agus Subekti dengan jas almamater warna kuning dengan tenang menjawab semua pertanyaan para penguji. Judul disertasi yang dikerjakan selama sekitar 2 tahun adalah Kompensasi Financial dan Sistem Penilaian Implikasinya terhadap Kepuasan Kerja dan Motivasi Kerja serta Kinerja Karyawan PT Pupuk Kaltim. Ada banyak pertanyaan di antaranya menguji kebaruan teori, dasar pemikiran, relasi antar variable yang diteliti, metode penelitian, penerapan di lapangan. Point utama dari pelajaran semua itu menurut Agus Subekti adalah kesabaran. Agus merasa diuji kesabaran dari menyelesaikan teori, menyusun disertasi sampai ujian disertasi. 

Dari hasil riset disertasi Agus, ada beberapa temuan baru. Di antaranya, hasil riset memunculkan model penelitian baru dimana kepuasan kerja dipengaruhi oleh kompensasi financial dan sistem penilaian kinerja. Motivasi kerja dipengaruhi oleh kepuasan kerja dan system penilaian kinerja serta kinerja karyawan hanya dipengaruhi oleh motivasi. Temuan penelitian kedua, kompensasi financial tidak berpengaruh terhadap motivasi kerja. Temuan penelitian ketiga, kompensasi financial tidak berpengaruh terhadap kinerja karyawan. Temuan penelitian keempat, kepuasan kerja karyawan tidak berpengaruh terhadap kinerja karyawan. Temuan kelima, system penilaian kinerja tidak berpengaruh terhadap kinerja karyawan. Secara keseluruhan, penelitian ini menghasilkan temuan bahwa sistem penilaian karyawan lebih kuat dalam mempengaruhi kinerja karyawan dibandingkan dengan kompensasi finansial.

Study Agus secara komprehensip menghasilkan temuan baru bagi PKT yaitu system penilaian kinerja karyawan dengan dimensi penilaian soft kompetensi 360 dan KPI telah menghasilkan fenomena baru terbentuknya budaya kerja yang lebih komunikatif, lebih transparan, lebih jelas target dan sasarannya serta hasil penilaiannya bisa untuk pengembangan karyawan.

Setelah sidang para guru besar, akhirnya Prof. Dr. Djoko Setyadi M Sc. sebagai promotor mengumumkan kelulusannya dengan dengan predikat Sangat Memuaskan dan IPK 3,76.  Agus menyelesaikan study S3 selama 4 tahun 29 hari dan merupakan doctor ke 14 di FEB Unmul. Agus Subekti dengan didampingi istrinya, Dra. Purwanti dan anak-anaknya menerima ucapan selamat dari penguji dan relasinya.  

Ir. Agus Subekti M.Si lahir di Boyolali, 17 Agustus 1967. Masa sekolah dilaluinya di SD N Demangan, Sambi Boyolali (1979), SMP Negeri 1 Colomadu Karanganyar (1982) dan SMA Negeri 5 Surakarta (1985), Teknik Kimia UGM (27 Nopember 1990) dan Magister Ilmu Lingkungan Undip (11 Juni 2004). Agus dengan NPK 9103192 pertama kali bekerja di Pupuk Kaltim sebagai Staf Kadep Operasi Kaltim-1 pada 18 September 1991. Menjabat sebagai Kepala Shift Pabrik (Mei 2007 – Pebruari 2008). Menjabat Kepala Departemen SM SDM dari 22 Oktober 2008-24 Agustus 2008 lalu rotasi pada manajer lain.  Menjabat sebagai GM Pengembangan Bisnis pada 1 Peb 2013 sampai 25 Agustus 2013 dan menjabat sebagai GM SDM dari 26 Agustus 2013 sampai 30 Nopember 2014. Mulai 1 Desember 2014 sampai dengan 31 Maret 2016 menjabat sebagai GM HC&GA (Human Capital dan General Affair) PT Pupuk Indonesia (persero). Mulai 1 April 2016 sampai dengan sekarang menjabat sebagai Senior Vice President Sumber Daya Manusia (SVP SDM) PT Pupuk Indonesia (persero).

 Setelah setahun bekerja Agus menikah dengan Purwanti, alumni Biologi UGM yang lahir pada 4 Maret 1967, di Colomadu pada tanggal 26 Juni 1992. Anaknya ada 4 yaitu Nikma Kurnianingtyas Bekti (lahir : 9 April 1993) Sekarang sebagai Sarjana Kedokteran dari FK Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang sedang menjalani co-ass di RSUD Panembahan Senopati Bantul Yogya, Ridho Aflah Bekti (Lahir : 7 Nopember 1995) Kuliah di Teknik Lingkungan Undip Semarang, Mumtaz Ahnaf Bekti (Lahir : 21 Pebruari 1999) sekolah di SMA YPK Bontang dan Muflih Aufa Bekti (lahir: 8 Pebruari 2003) sekolah di MTs. Yanbu’ul Qur’an Menawan Gebog Kudus Jawa Tengah. (SB).
 

Add new comment

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Lines and paragraphs break automatically.
  • Web page addresses and email addresses turn into links automatically.