Skip to main content
Novan

Ari Novan Setiono, Staf Ahli Sistem Aplikasi dan Jaringan

Nama Ari Novan Setiono, Staf Ahli Sistem Aplikasi dan Jariangan kian mentereng di lingkungan Pupuk Kaltim. Gara-garanya, dia banyak diminta untuk mengemas video conference maupun teleconference setiap acara di Bontang yang harus diikuti oleh karyawan Pupuk Kaltim Jakarta.

Namanya semakin beken lantaran aksi Novan (demikian lelaki kelahiran Kediri ini biasa disapa) berhasil mengemas video conference maupun tele conference dengan apik di setiap acara perusahaan.

Lelaki lulusan S1 Teknik Informatika Institut Sepuluh Nopember Surabaya ini berpendapat bahwa Teknologi Informasi (TI) sudah merupakan bagian hidup (part of life) sekarang ini. Ibarat makan, tidak akan terasa kenyang jika belum makan nasi. Sehari tidak menggunakan teknologi informasi rasanya ada bagian hidup yang hilang. Dengan TI, dunia menjadi semakin sempit.

Misalnya dengan teknologi video conference maupun tele conference, jarak bukan lagi halangan untuk melakukan kegiatan. “Kami harus memperkenalkan kepada perusahaan walaupun-- saat itu--perusahaan mengatakan ‘belum membutuhkan’. Dua atau tiga tahun kemudian baru dirasakan manfaatnya. Seringkali unit kerja TI di perusahaan dianggap hanya menjadi beban/cost center, jika tidak dikaitkan dengan benefit yang ada”, kata suami Agustina Dwi Merdekawati, berargumen.

Bukan hanya itu. Jebolan S2 Master Bussines Administration Universitas Gadjah Mada Yogyakarta ini juga selalu belajar hal baru, tidak pernah berhenti dan selalu bergerak. Berhenti sehari saja akan menjadi orang bodoh dan pasti tidak bisa memenuhi harapan pelanggan. Dengan infrastruktur lebih dari 1.000 PC dan notebook, 40 lebih server, jaringan baik TI maupun telekomunikasi dari ujung Quadran sampai ke kawasan perumahan dilanjutkan ke Kantor Pemasaran dan Jakarta, lebih dari 3.000 user dengan lebih dari 34 layanan aktif, semuanya dilayani dengan apik.
Lantas siapa sesungguhnya Ari Novan Setiono? Novan selama ini dikenal sebagai karyawan Pupuk Kaltim yang bertugas di Dep. Teknologi Informasi & Telekomunikasi di bidang teknologi informasi. Di masa sekolah, dia pernah dipercaya sebagai Ketua OSIS SMPN 1 Kediri. Dia juga pernah menjadi Dewan Ambalan Pramuka SMUN 2 Kediri. Sebagai Komandan Kompi Pasukan Pengibar Bendera Kotamadya Kediri, juga pernah dijabatnya. Bahkan pernah pula ditunjuk sebagai Ketua Forum Komunikasi dan Kreativitas Pelajar Jawa Timur. Malah ketika di bangku kuliah, jabatan Sekum Himpunan Mahasiswa Teknik Komputer Informatika juga disandangnya.

Sebagai pakar TI, ayah dari Habiburrahman Ryu Hannan Arinovan ini pernah menjadi Asisten Dosen Praktikum Bahasa Pemrograman – Teknik Informatika ITS, pernah pula sebagai Asisten Dosen Praktikum Database – Teknik Informatika ITS, Asisten dosen Praktikum Jaringan Komputer – Teknik Informatika ITS, Asisten dosen Praktikum Mikroprocessor – Teknik Informatika ITS.

Selain itu, lelaki kelahiran Kediri 1978 ini juga pernah Designer And Programer Document Work Flow BAPPEDA Kabupaten Kediri 2001- 2002. Kemudian menjabat Programer Sistem dan Prosedur Admnistrasi Pajak, Retribusi Dan Penerimaan Pendapatan Daerah Kota Samarinda Developer : PT.NERAINDO SAMARINDA 2002. Juga sebagai Web Design Engineer PT Badak NGL- OS: PT RADIANT UTAMA, yang akhirnya bergabung sebagai IT Engineer PT Pupuk Kalimantan Timur tahun 2004.

Dengan segudang pengalaman organisasi dan pengalaman, wajar jika ia harus meramu dan menyajikan ‘masakannya’ kepada pelanggan, baik karyawan, unit kerja lain maupun perusahaan. Melalui TI pula kemampuannya dituntut untuk memilih dan memilah teknologi harus terus diasah. “Bila berhenti sehari saja untuk belajar maka ‘makanannya’ tidak akan disukai lagi oleh pelanggan,” katanya lagi sedikit berfilsafat.
(Be’6)

Sumber : Butir 09 Desember 2011

Add new comment

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Lines and paragraphs break automatically.
  • Web page addresses and email addresses turn into links automatically.