Skip to main content

Kilang Minyak dan Zona Pupuk Bontang Tidak Dipindah

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Saat berpidato dalam acara penyerahan Sertifikat Tanah Program Strategis Tahun 2016 di Balikpapan Sport and Convention Center Presiden Joko Widodo memastikan pembangunan kilang minyak dan zona pupuk tetap akan dilakukan di Provinsi Kalimantan Timur.

"Yang berkaitan dengan masalah kilang minyak (refinery) dan zona pupuk, saya sampaikan tidak akan dipindahkan ke provinsi lain. Tetap di Provinsi Kalimantan Timur," ujar Presiden berdasarkan keterangan Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Senin (5/12/2016).

Menperin Tidak Puas Dengan Penuruan Harga Gas Untuk Industri Pupuk

JAKARTA - Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto menegaskan, harga gas industri yang telah ditetapkan pemerintah masih belum memiliki tingkat keefisienan, meskipun telah diputuskan berada di maksimal USD6 per mmbtu. Pemerintah telah menetapkan harga gas industri kepada tiga sektor industri yang maksimal USD6 per MMbtu. Ketiga sektor tersebut adalah, industri pupuk, industri petrokimia, dan industri baja.

Harga Gas Pupuk Dinilai Belum Optimal

JAKARTA — Penurunan harga gas industri untuk sektor pupuk dinilai belum optimal kendati Kementerian ESDM telah mengumumkan harga gas industri di plant gate maksimum US$6/MMBtu  secara bertahap.
 
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menyatakan dari tiga sek- tor yang penurunannya ditetapkan, harga gas industri di sektor pupuk dinilai belum maksimal untuk meningkatkan daya saing. Tujuan menurunkan harga gas itu kan supaya kompetitif. Khusus pupuk, mungkin belum optimal,” katanya di Kompleks Istana Kepresidenan,
Selasa (29/11).
 

Industri pupuk berharap harga gas tiga dolar/MMBTU

Jakarta (ANTARANews) - Industri pupuk nasional berharap harga gas bisa ditekan hingga mencapai tiga dolar AS/MMBTU (Million Metric British Thermal Unit) agar bisa bertahan dan bersaing di tengah harga pupuk internasional yang anjlok saat ini.

"Apabila harga gas bisa diturunkan hingga tiga dollar AS per MMBTU, industri pupuk akan dapat bersaing lagi dengan pupuk urea impor yang saat ini mulai membanjiri pasar dalam negeri," kata Direktur Utama PT Pupuk Indonesia, Aas Asikin Idat, di Jakarta, Minggu.

Subscribe to Nasional