Dari Operasi, SDM ke Korporasi

Dari Operasi, SDM ke Korporasi


Project Description

Sambutan Komisaris Utama PT Pupuk Indonesia Energi

Syukur alhamdulillah kita masih diberi kesehatan dan rasa bahagia. Dan juga diberi kesempatan waktu dan kemampuan menuliskan hal yang kita ketahui. Sharing of knowledge adalah sesuatu yang menyenangkan. Kita dapat menceritakan apa yang kita ketahui dan apa solusi bila ada masalah yang harus dipecahkan. Saya yakin di setiap tempat pekerjaan ada masalah untuk dicari jalan keluar. Ada peluang untuk perbaikan. Kalau tak ada masalah berarti, anda ada masalah.

Senang sekali saya dapat menuliskan sambutan ini. Saya mengenal Pak Agus sudah lama. Secara intens sewaktu menjadi staf saya sebagai GM SDM (General Manager Sumber Daya Manusia) PT Pupuk Indonesia (persero). Kita bersama menyusun beberapa sistem tentang pengelolaan SDM. Sebelumnya dia juga pernah bekerja di operasi pabrik dan SDM di PKT. Tentunya sangat beragam pengetahuan penulis. Bagaimana mengimplementasi  sistem SDM yang sebelumnya belum ada. Bagaimana mempersiapkannya dan mengatasi kendala. Bagaimana menguji sistem itu dan menyelesaikan permasalahan yang ada. Sampai sistem itu bisa diimplementasikan dengan sempurna.

Tradisi menulis pengetahuan selama bekerja ini bagus sekali. Membiasakan kita menuliskan apa yang kita kerjakan, apa yang kita ketahui dan apa yang sebaiknya dilakukan di antara banyak pilihan. Menulis melatih cara berpikir kita terstruktur. Kita akan terbiasa mencatat dan merencanakan apa yang akan kita lakukan. Yang utama semua dokumentasi tertulis itu tidak akan hilang. Bisa dipelajari oleh siapa saja yang membacanya.

Ada sesuatu yang dapat diambil dari buku ini. Kalau tidak pengetahuan teknis, bisa semangat dalam meraih prestasi kerja dengan menyelesaikan banyak persoalan. Selamat atas terbitnya buku ini. Semoga buku ini berguna bagi karyawan dan perusahaan serta siapapun yang membacanya.

Jakarta, Mei 2021

Ir. Winardi Sunoto MM

Project Details
  • Client:

    PT Pupuk Kaltim

  • Location:

    Bontang